Blogs PEKERTI – AA


Laporan

PETUNJUK PEMBUATAN LAPORAN HASIL KEGIATAN

(PROGRAM TATAP MUKA PEKERTI-AA)

A. Format Laporan

  1. Halaman depan (cover biru UNS), seperti contoh terlampir.
  2. Halaman judul, seperti cover.
  3. Lembar Pengesahan, seperti contoh terlampir.
  4. Kata Pengantar

Deskripsikan secara singkat hal-hal yang berkaitan dengan upaya peningkatan profesionalitas dosen, apa yang telah dilakukan dan hasil apa yang telah diperoleh.

  1. Daftar Isi, seperti contoh terlampir.
  2. BAB I. PENDAHULUAN

Tuliskan refleksi Bp./Ibu (sebagai peserta) yang intinya untuk peningkatan profesionalitas dosen sangat diperlukan kegiatan PEKERTI-AA

  1. BAB II. PELAKSANAAN PELATIHAN

Uraikan secara singkat proses kegiatan pelatihan. Sebagai acuan gunakan jadwal dan materi pelatihan yang telah disajikan selama kegiatan pelatihan PEKERTI-AA.

  1. BAB III. HASIL PELATIHAN

Paparkan hasil pengerjaan tugas-tugas untuk setiap materi pelatihan. Susunlah sesuai dengan format sebagai berikut:

    1. Tugas dan Latihan
  1. Profil Lulusan
  2. Motivasi ARCS
  3. Peta Kompetensi
  4. Model Pembelajaran
  5. Silabus (satu semester)
  6. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan Medianya (semua KD)
  7. Kontrak Perkuliahan
  8. Pengembangan Evaluasi Hasil Pembelajaran
  • Kisi-kisi dan instrumen tes obyektif
  • Kisi-kisi dan instrumen tes subyektif
  • Rubrik
  • Instrumen Penilaian Afektif
  • Instrumen Penilaian Psikomotorik
  1. Pengembangan Evaluasi Program Pembelajaran

10.  Proposal Mini PPKP

    1. Pelaksanaan Micro Teaching
  1. Uraikan secara singkat prosedur pelaksanaan micro teaching, sertakan form PM 1 Rencana Kegiatan Microteaching yang telah diisi.
  2. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Mikro yang digunakan dalam micro teaching
  3. Hasil self assesment dari dosen yang mengajar dan penilaian dari para pengamat, sertakan lembar penilaian dari pengamat dan fasilitator
  4. Hasil diskusi kelompok
  5. Refleksi terhadap micro teaching (tanggapan dan kesimpulan)
  1. BAB IV. PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan apa yang telah diperoleh melalui pelatihan ini, atau merupakan refleksi diri. Dari tulisan refleksi diri akhir pelatihan ini dapat diketahui baik oleh peserta maupun pihak lain (instansi atau penyelenggara) perubahan yang terjadi apabila dibandingkan refleksi diri awal.

Kesimpulan berisi bagaimana kaitan dokumen-dokumen pembelajaran yang dilatihkan (kurikulum, peta kompetensi, silabus, RPP, kontrak pembelajaran dan bahan ajar) dan teori pembelajaran yang disajikan dalam pelatihan

Kemukakan dengan jujur apakah benar perubahan pembelajaran ada ditangan Bp./Ibu sebagai dosen dan kekurangan penyelenggaraannya

B. Format Penulisan

  1. Ditulis pada kertas HVS ukuran kwarto 70 gr.
  2. Ukuran margin atas 4 cm, bawah 3 cm, kiri 4 cm dan kanan 3 cm.
  3. Gunakan huruf standar dengan spasi 1.5 untuk penuturan/narasi biasa, sedangkan penulisan dalam bentuk tabel disesuaikan dengan kebutuhan dan praktisnya.
  4. Draft Laporan yang belum dijilid diberi masukan oleh failitator.(revisi)
  5. Dibuat rangkap 2 (dua), dijilid yang rapi dengan warna cover biru dengan rincian:
  1. 1 (satu) eksemplar untuk peserta
  2. 1 (satu) eksemplar untuk LPP UNS

LAPORAN HASIL KEGIATAN

PROGRAM PENINGKATAN KETRAMPILAN DASAR

TEKNIK INSTRUKSIONAL – APPLIED APPROACH (PEKERTI-AA)

TAHAP TATAP MUKA

FEBRUARI 2010

NAMA            :

NIP                 :

INSTITUSI     : APIKES/AKBID MITRA HUSADA

KARANGANYAR

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

2010


LEMBAR PENGESAHAN

Laporan hasil pelatihan yang telah disusun oleh:

Nama

NIP

Institusi

:

:

:

dapat disahkan, sesuai dengan ketentuan/persyaratan mengikuti pelatihan untuk mendapatkan SERTIFIKAT kegiatan tatap muka, seperti yang telah diprogramkan dalam pedoman penyeleggaraan Program Peningkatan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional

Menyetujui untuk disahkan

Fasilitator PEKERTI-AA LPP Universitas Sebelas Maret

_______________________________

NIP.

_______________________________

NIP.

Mengesahkan

Lembaga Pengembangan Pendidikan

Universitas Sebelas Maret

Ketua,

Prof. Dr. Soetarno J., M.Pd.

NIP. 194807131973041001


DAFTAR ISI

halaman
Halaman judul i
Lembar Pengesahan ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi, iv
BAB I. PENDAHULUAN 1
BAB II. PELAKSANAAN PELATIHAN dst
BAB III. HASIL PELATIHAN
A. Tugas dan Latihan
1. Analisis KBK
2. Teori Motivasi
3. Peta Kompetensi
4. Model dan Strategi Pembelajaran
5. Silabus (satu semester)
6. Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dan Medianya
7. Kontrak Perkuliahan
8. Pengembangan Evaluasi Hasil Pembelajaran
9. Pengembangan Evaluasi Program Pembelajaran
B. Pelaksanaan Micro Teaching
BAB IV. PENUTUP


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: